Monday, January 7, 2013

Play with CMD Part II

Trik CMD Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Ilmu Komputer – CMD atau lebih dikenal dengan Command Prompt merupakan fitur pada komputer anda untuk menjalankan perintah-perintah dalam Windows. Pada akhir 80 an dan awal 90 an sebelum sistem operasi Windows rilis dipasaran, CMD atau DOS Command Prompt merupakan fitur utama didalam komputer.
Perintah dalam CMD sangatlah banyak. Beberapa perintah standar pada cmd pernah ditulis pada artikel sebelumnya Daftar Perintah Sederhana Pada DOS. Pada tulisan kali ini akan membahas lebih lanjut beberapa Trik CMD yang mungkin tidak anda ketahui.
Untuk membuka fitur cmd dapat melalui Start > Run. ketikkan cmd lalu tekan Enter.

Trik CMD – Multi command

Trik CMD - Multi Command
Dalam cmd terdapat perintah untuk menjalankan lebih dari satu perintah secara bersamaan yaitu dengan menambahkan tanda && sebagai penyambung.
Misalnya anda ingin menjalankan perintah ipconfig dan netstat. Maka dapat mengetikkan keduanya secara langsung menjadi ipconfig && netstatt.
Anda dapat menambahkan perintah yang tak terbatas jumlahnya hanya dengan menambahkan fungsi && sebagai penghubung.

Trik CMD – Membuka CMD Dari Folder

Trik CMD
Salah satu hal yang membuat Command Prompt menjadi rumit adalah mengharuskan anda untuk mengetikkan perintah setiap kali ingin melakukan proses atau aktifitas, termasuk dalam browse folder. Pada Windows 7, terdapat fitur untuk menjalankan fitur cmd secara langsung pada folder yang ingin dijalankan command prompt melalui windows explorer. Caranya adalah dengan menekan tombol SHIFT lalu klik kanan pada folder yang bersangkutan. Akan terdapat menu tambahan bernama Open command window here.

Trik CMD – Fungsi Drag & Drop

Trik CMD
Salah satu trik cmd lainnya yang bisa anda gunakan ketika anda bekerja dengan perintah command prompt adalah kemampuan untuk melakukan drag & drop (klik-tahan-pindahkan-lepas) secara langsung dari folder yang dituju, ke jendela layar command prompt. Sehingga lokasi dari folder tersebut akan terketik secara cepat di layar perintah cmd tersebut.

Trik CMD – History Command

Trik CMD
Dalam CMD terdapat perintah untuk melihat daftar history perintah yang anda ketikkan sebelum-sebelumnya, yaitu melalui perintah doskey /history.


EmoticonEmoticon